BKOW laksanakan kegiatan pengobatan massal dan pelayanan KB

Jumat, 05 Oktober 20120 komentar


Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Gorontalo yang diketuai oleh Ibu Gubernur, Ir. Hj. Nani Mokodongan, MM, bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, UPTD Badan Pelayanan Kesehatan Mandiri (BAPPELKESMAN), serta Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan kegiatan Pengobatan Massal serta pelayanan Keluarga Berencana (KB) bagi masyarakat, yang bertempat di Desa Bulingala, Kecamatan Bone Pante, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (19/06)



Dalam sambutannya Nani Mokodongan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari program BKOW yang bertujuan melayani masyarakat hingga daerah terpencil khususnya yang membutuhkan perhatian dalam bidang kesehatan sebab di Provinsi Gorontalo dengan jumlah penduduk 1,2 Juta jiwa hampir 60% nya masih membutuhkan bantuan serta perhatian dari Pemerintah Provinsi serta Kabupaten Kota. Lanjut, Beliau mengatakan bahwa kesehatan sangat erat kaitannya dengan lingkungan, untuk itu beliau menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan lingkungan serta melaksanakan pola hidup yang sehat agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare, demam berdarah, malaria, kaki gajah, typus, dan lain-lain. Oleh sebab itu BKOW bekerjasama dengan Dinas Terkait dan Pemkab setempat mengadakan kegiatan semacam ini yakni pelayanan kesehatan secara gratis, apabila ditemukan ada warga yang menderita penyakit serius/kronis seperti tumor atau sejenisnya maka harus segera dirujuk ke rumah sakit setempat, kalau sampai disana tidak bisa ditangani maka akan di rujuk ke rumah sakit provinsi, apabila rumah sakit provinsi masih terbatas dalam hal peralatan serta SDM maka akan dirujuk ke rumah sakit di luar provinsi yang pelayanan serta peralatan yang lebih lengkap serta modern. Diakhir sambutannya beliau menekankan bahwa kegiatan kali ini jangan disangkutpautkan dengan hal politik karena BKOW sendiri merupakan organisasi yang fokus terhadap bantuan kesehatan serta pengurangan angka kemiskinan. Diakhir sambutannya beliau berkesempatan untuk menyerahkan secara simbolis bantuan berupa susu serta biskuit makanan pendamping ASI kepada para warga yang membutuhkan



Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Hi. Suhardi. M. Nur, MM dalam arahannya mengatakan bahwa selain pelayanan kesehatan serta pelayanan KB, kegiatan ini juga adalah untuk membantu anak-anak yang menderita gizi buruk. Sekedar informasi bahwa Dinas Kesehatan telah mempunyai data-data tentang kondisi nyata tingkat keadaan gizi buruk di Provinsi Gorontalo. Dalam akhir arahannya beliau berharap agar warga masyarakat dapat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sebab kesehatan itu  bukan segala-galanya tapi tanpa kesehatan semua hal teraebut takkan ada artinya.



Sebelumnya laporan panitia yang disampaikan oleh Kartini Akuba, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberitahukan manfaat KB kepada masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu terutama yang belum mengikuti KB, memberikan penjelasan bahwa dengan KB masyarakat secara langsung telah membantu program pemerintah, meningkatkan derajat kesehatan serta meringankan biaya bagi masyarkat dalam hal pelayanan kesehatan. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 – 16.00 Wita ini melibatkan Tim Kesehatan Dari Dinas Kesehatan serta BAPPELKESMAN Provinsi Gorontalo, Tim KB dari BKKBN Provinsi Gorontalo. Kegiatan  ini turut dihadiri oleh, perwakilan dari BKKBN Provinsi Gorontalo,  perwakilan dari Pemerintah Bone Bolango, serta warga masyarakat setempat. 
Share this article :

Posting Komentar

Ass.Wr.Wb. Silahkan Bubuhkan Komentar, Saran dan Ide Di Website BKOW. Terima Kasih

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. bkowprovkepri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger